Monday, February 4, 2013

Tips Menghindari Cedera dalam Permainan Bulutangkis

Walaupun permainan bulutangkis tidak memiliki suatu gerakan yang memungkinkan terjadinya bentuk kontak dengan tubuh lawan secara langsung , akan tetapi tetap saja jika tidak diperhatikan , kemungkinan cedera pasti akan terjadi .

Berikut beberapa tips yang membimbing setiap pemain bulu tangkis untuk dapat terhindar dari bentuk cedera yang mungkin terjadi :

1. Warming up atau Pemanasan .
Melakukan pemanasan secukupnya sebelum memulai permainan bulutangkis adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap pemain . Karena dengan melakukan pemanasan , otot-otok tubuh kita akan lebih siap melakukan aktifitas yang lebih berat. Bulutangkis menuntut kita untuk menggerakkan seluruh anggota tubuh mulai dari kaki, tumit, tangan, jari, lengan, pergelangan tangan sampai pinggang. Jadi kita harus melakukan pemanasan secukupnya sebelum memulai permainan.  Lakukan pemanasan minimal 15 Menit, otot Anda akan lebih siap.
2. Wear atau Sepatu Bulu tangkis
Kenakan sepatu bulutangkis yang memiliki permukaan tapak dengan bahan karet karena akan lebih kuat menempel di lapangan. Jangan mengenakan sepatu jogging biasanya dari bahan karbon sintetik untuk bulutangkis karena bisa membuat Anda terpeleset. Pakailah sepatu yang cocok untuk ukuran kaki Anda, terlalu sempit menyebabkan tumit atau jari kaki sakit, terlalu longgar tidak bisa menyebabkan keseleo atau cidera.
3. Course Condition atau Kondisi kesiapan Lapangan Bulu tangkis
Perhatikan kondisi lapangan bulutangkis yang Anda mainkan. Lapangan bulu tangkis bisa terbuat dari kayu, karpet, semen. jika dari kayu dan karpet biasanya air atau keringat bisa membuat Anda terpeleset, jika dari semen biasanya pasir atau kerikil. Jaga kebersihan lapangan, yakinkan lapangan Anda bebas dari air, keringat dan pasir.

4. Moving atau Gerakan tubuh
cedera bulutangkis

Bulutangkis membutuhkan irama gerakan tubuh dengan kecepatan yang tinggi apalagi Anda mengejar shuttlecock yang dropshot, lalu rely dan saling bergantian. sedikit kesalahan gerakan anggota tubuh bisa menyebabkan cidera terutama pinggang, lutut dan paha. Jadi gerakan harus tenang dan ini tentunya di topang dengan pemanasan yang baik .

5. Racket Conflic atau  Hati-hati dengan raket teman Anda
beradu raket


Permainan ganda dalam bulutangkis bisa menyebabkan cedera karena kena pukulan raket dari teman satu tim. Bagi pemain profesional ini kemungkinan kecil sekali terjadi, tapi bagi yang amatir dan belum berpasangan sebelumnya hati-hati ya. Masih ada teman di lapangan ...

6.  Streching atau Peregangan 

Peregangan ini sangat penting seusai bermain bulutangkis. Selesai bermain regangkan kaki Anda, duduk di lantai dengan posisi kaki lurus sejajar dengan lantai. Lemaskan otot terutama bagian kaki dengan memijat-mijat kecil bagian paha dan betis. Jangan duduk bersila atau menekuk kaki Anda karena bisa menghambat pembuluh darah setelah beraktifitas peredaran darah yang bergerak cepat. Jika salah posisi kadang bisa menyebabkan kram.

Demikian enam tips bagaimana menghindari cedera dalam permainan bulutangkis

1 comments:

  1. Mantabs banget mas artikel artikelnya . Di tunggu tips berikutnya ....

    ReplyDelete

Silahkan sobat berkomentar dan share tentang ilmu bulutangkis . Terima kasih atas kunjungannya

 
Copyright © . Master Bulutangkis - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger