Wednesday, March 6, 2013

Teknik Dasar Cara Memegang Raket

Teknik Memegang Raket
Rahasia teknik bermain Bulutangkis dengan benar salah satunya adalah banyak ditentukan dari cara memegang raket . Oleh karenanya cara memegang raket dengan benar akan sangat menentukan kualitas pukulan seseorang. Jika teknik cara memegang raket salah dari sejak awal, maka akan sulit sekali seorang pemain akan meningkatkan kualitas permainan nya .



Pegangan raket yang benar adalah dasar untuk mengembangkan dan meningkatkan semua jenis pukulan dalam permainan bulutangkis .

Cara pegangan raket yang benar adalah raket harus dipegang dengan menggunakan jari-jari tangan (ruas jari tangan) dengan luwes, rileks, namun harus tetap bertenaga pada saat memukul kok. Hindari memegang raket dengan cara menggunakan telapak tangan (seperti memegang golok). Sekalipun pegangan Anda kuat dengan teknik ini , akan tetapi pukulan yang di hasilkan akan lemah dan sulit menghasilkan pukulan yang keras (smash) dan sulit pula dalam mengontrol bola dengan baik .

Jenis Pegangan Raket

Pada dasarnya, dikenal beberapa cara pegangan raket. Namun, hanya dua bentuk pegangan yang sering digunakan dalam praktek, yaitu cara memegang raket forehand dan backhand. Semua jenis pukulan dalam bulutangkis dilakukan dengan kedua jenis pegangan ini.

Dua macam cara memegang raket di atas, pada kenyataannya digunakan secara bergantian sesuai situasi dan kondisi permainan. Untuk tahap awal para pemula biasanya diajarkan cara memegang forehand terlebih dahulu, kemudian baru belajar cara memegang backhand.

Pada akhirnya untuk pemain yang sudah terampil dan mahir akan terlihat pegangan raketnya hanya satu grip saja . Ini terjadi karena pergeseran pegangan tangan dari forehand ke backhand dan sebaliknya hanya sedikit dan terjadi secara otomatis .

Pegangan raket yang benar dan memanfaatkan tenaga pergelangan tangan pada saat memukul kok dapat meningkatkan kualitas pukulan dan mempercepat laju jalannya kok. 



Cara Memegang Raket dengan teknik "Forehand"

1. Pegang raket dengan cara seperti “jabat tangan” atau Bentuk “V” .
2. Tiga jari, yaitu jari tengan, manis dan kelingking menggenggam raket, sedangkan jari telunjuk agak terpisah.
3. Letakkan ibu jari diantara tiga jari dan telunjuk.

Cara Memegang Raket dengan teknik " Backhand "

Untuk backhand grip, geser “V” tangan ke arah dalam. Letaknya di samping dalam. bantalan jempol berada pada pegangan raket yang lebar. 



2 comments:

  1. terima kasih artikelnya

    junsu klaten
    inspirasi-yasin.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Ök :)ºќ :x 
    <'
    ^., tank's

    ReplyDelete

Silahkan sobat berkomentar dan share tentang ilmu bulutangkis . Terima kasih atas kunjungannya

 
Copyright © . Master Bulutangkis - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger