Monday, June 24, 2013

Kesalahan-kesalahan Mendasar Bermain Bulutangkis (bag 2)

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya (Kesalahan-kesalahan mendasar pada permainan Bulutangkis) . Diantara kesalahan-kesalahan yang paling mendasar dan yang paling sering dilakukan oleh para pemain bulu tangkis terkhusus mereka dari tingkat pemula ataupun menengah hingga seorang profesional yang mahir sekalipun , diantaranya adalah : 






3. Tidak menggunakan strategi 

Apapun bentuk sebuah pertandingan atau permainan (bahkan perang sekalipun) yang puncaknya adalah ada yang menang dan ada yang kalah maka di sana di tuntut adanya Strategi (siasat) . Siapa yang paling unggul menerapkan strategi yang tepat maka dia pemenangnya . Demikian pula dalam bulutangkis . Permainan tunggal maupun ganda di tuntut adanya strategi dari anda , tidak cukup dengan anda menguasai teknik bermain tapi seorang pemain bulu tangkis sejati dia harus pula memperhatikan strategi permainan.  

Strategi tersebut bisa meliputi diantaranya : 
  • Strategi mengatur stamina anda . Jika lawan anda di anggap berat dan anda telah memperhitungkannya , maka aturlah strategi stamina atau fisik anda . Anda perhitungkan bagaimana caranya agar anda tetap memiliki kekuatan penuh hingga set terakhir , jangan sampai anda justru di buat menjadi bulan-bulanan pada set penentuan karena anda tidak menerapkan strategi pengaturan stamina . Ingat , lawan tangguh anda biasanya mereka paling sensitif melihat keadaan anda dari detik ke detik hingga menit ke menit . Cara pengaturan strategi stamina yang efektif agar anda tetap powerfull hingga akhir adalah : Jika anda pemain tunggal maka hindari pukulan-pukulan yang mengeluarkan tenaga penuh dan hindari rally-rally panjang dengan permainan lob atau flick , turunkan bola dengan pukulan overhead smash dan drive cepat mengarah ke daerah kosong atau tubuh lawan. Jikapun anda terpaksa melakukan pukulan smash maka lakukan tatkala musuh dalam keadaan terdesak hebat setelah anda sebelumnya telah berhasil membuat umpan untuk lawan . Jika anda pemain ganda maka langkah yang paling efektif adalah : Perbanyak permainan netting hingga musuh terpaksa mengangkat bola dan berharap bola pengembalian tersebut adalah bola menguntungkan untuk anda sehingga anda bisa dengan cepat dapat mematikan lawan . 

  • Mempelajari kelemahan lawan . Jika lawan memang seorang pemain yang sudah dikenal , Anda bisa mempelajari permainannya dengan mudah yaitu dengan cara melihat lawan bermain dengan orang lain . Pelajari sisi kelemahan dan kekuatan lawan . Jangan beri kesempatan lawan untuk dapat mengeluarkan kekuatannya sebaliknya anda terus serang lawan pada titik kelemahannya atau titik ketika lawan merasa kesulitan . Jika lawan adalah yang pertama buat anda hadapi maka tidak ada jalan lain kecuali anda bisa melakukan inisiatif untuk mendahului menyerang .
 4.  Kurang dalam menyiapkan stamina 
Kesiapan stamina adalah hal yang paling mendasar dalam persiapan sebuah pertandingan Bulutangkis . Sehingga kadang pemain yang memiliki teknik yang bagus , acap kali mereka tidak mampu meladeni lawan hingga set terakhir dikarenakan stamina yang buruk . Diantara yang menyebabkan seorang pemain lemah stamina nya adalah : 
  • Frekwensi latihan fisik yang kurang efektif .
  • Pola hidup yang buruk . Misalnya perokok ,  .
  • Pola makan yang buruk . Misalnya gemar mengkonsumsi makanan junk food dan makanan yang tidak di anjurkan secara kesehatan ,..sehingga jelas sangat mempengaruhi staminan pemain .
  • Kurangnya istirahat , banyak dan padatnya aktifitas .
  • Akibat stress , memiliki banyak masalah secara pribadi dan psikologis
{bersambung ....)

Salam master bulutangkis

0 comments:

Post a Comment

Silahkan sobat berkomentar dan share tentang ilmu bulutangkis . Terima kasih atas kunjungannya

 
Copyright © . Master Bulutangkis - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger