Wednesday, November 20, 2013

Mau tahu rahasia seorang Profesional bermain Ganda Bulutangkis ?

Rahasia Profesional berman ganda bulutangkis
Anda tentunya pernah melihat pertandingan Bulutangkis dunia di layar televisi atau media Internet ? . Anda pernah memperhatikan cara mereka bermain ? dan mempelajari bagaimana teknik serta srategi mereka dalam memenangi pertandingan ? . Atau apakah anda pernah memperhatikan  kesalahan mereka yang "kalah" baik dari sisi strategi maupun teknik ? . Baiklah , kami disini akan mengupas beberapa hal menurut pandangan kami tentang " Bagaimana sih strategi para pemain profesional dalam memenangi pertandingan ganda bulutangkis ? " . 


hendra ahsan world champ
Jika kita melihat pertandingan Bulutangkis tingkat Dunia akhir-akhir ini , perkembangan dunia bulutangkis semakin pesat . Pemain-pemain muda yang berbakat , mereka kini lebih condong pada strategi permainan ofensif (menyerang) dengan ciri khasnya yaitu : kecepatan , kekuatan dan ketaktisan


Dalam permainan ganda bulutangkis -seperti yang telah di singgung pada tulisan yang lalu- , strategi dasar untuk menjadi pemenang tiada lain adalah " siapa yang menyerang lebih dahulu maka dialah pemenangnya " . Maka jangan harap anda bisa menang jika tidak menerapkan strategi yang cerdas ini .

hendra ahsan world champ
Para pemain profesional , rata-rata mereka menerapkan strategi ini . Diantaranya pasangan yang sedang 'naik daun' pada tahun ini yaitu Muhamad Ahsan dan Hendra Setiawan dari Indonesia (Data terakhir bulan November 2013 , mereka peringkat ke-1 BWF dengan seeding no. 1 dan peringkat 1 untuk tingkat Turnament Dunia) .

Sangat jelas , keberhasilan mereka saat ini paling di dominasi dengan 3 faktor tadi yaitu : Kekuatan , Kecepatan dan taktis . Disamping itu , rupanya mereka pun menerapkan strategi " menyerang " dengan cara "pancingan" -strategi ini paling terkenal di lakukan oleh tunggal putra seperti Lee Chong Wei- . Mari kita kupas strategi mereka satu persatu : 

1. Mereka selalu memaksa lawan untuk selalu dalam posisi di serang atau tertekan .

a. Caranya adalah : Memancing lawan untuk 'dipaksa' mengangkat bola (baca: sehingga lawan melakukan pukulan lob atau flick) yaitu dengan cara melakukan bola-bola netting (pukulan pendek yang menggulirkan bola sedekat mungkin dengan net) ke lawan . 

b. Tujuannya adalah : Lawan akan dengan sangat terpaksa mengangkat bola dengan flick atau pukulan wiping - clear lob (jika bola netting tersebut sangat sulit di kembalikan oleh lawan) maka artinya : Ini membuka peluang untuk melakukan serangan dengan bola-bola smash yang mematikan dan tajam . Di harapkan lawan akan terus tertekan dan terpaksa harus menerima secara bertubi-tubi dengan serangan smash yang mematikan . 

c. Kunci suksesnya strategi ini adalah : Teknik pukulan netting yang baik , Memiliki power smash yang maksimal , Fisik yang bagus , Koordinasi yang baik dengan menerapkan posisi menyerang (depan - belakang) .

2. Menghindari serangan dari lawan dengan tidak mengangkat bola

a. Caranya adalah : Ketika lawan melakukan smash atau melakukan serangan ofensif dengan pukulan drive , arahkan pengembalian bola ke tempat yang sulit terjangkau atau tempat yang memungkinkan lawan merasa kesulitan untuk memukulnya dan hindari mengangkat bola pada tempat yang ideal buat lawan untuk mengeluarkan kekuatannya .

b. Tujuannya adalah : Tidak memberikan peluang atau kesempatan bagi lawan untuk menyerang dengan bola-bola yang menguntungkan pihak lawan, justru sebaliknya memberikan bola-bola pengembalian yang sulit di jangkau oleh lawan .

c. Kunci suksesnya strategi ini adalah : Koordinasi yang baik diantara pasangan , Konsentrasi yang tinggi untuk selalu bisa melihat dan membaca posisi 'terakhir' lawan , Teknik bertahan yang sempurna (defensif) .


3. Mengendalikan lawan dan JANGAN sampai Kita yang di kendalikan lawan .

a. Caranya adalah : Perbanyak pukulan-pukulan tipuan , drop shot dengan lob serang atau drop shot dengan smash silang atau pukulan drive yang 'tiba-tiba' lemah  . Bisa juga di kombinasikan dengan pukulan drive yang mengarah tubuh lawan . 

b. Tujuannya adalah : Tidak memberikan kesempatan kepada lawan untuk mengembangkan permainannya . Salah satu sebab lawan bisa mengendalikan permainan adalah : adanya kesempatan bagi lawan dengan memukul bola-bola pengembalaian dari kita yang menguntungkan bagi lawan .

c. Kunci suksesnya strategi ini adalah : Teknik grip pegangan raket yang sempurna sehingga menghasilkan pukulan yang unik , Penguasaan lapangan dengan memadukan koordinasi bersama pasangan 

( Bersambung ..... )

1 comments:

Silahkan sobat berkomentar dan share tentang ilmu bulutangkis . Terima kasih atas kunjungannya

 
Copyright © . Master Bulutangkis - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger