Sunday, January 26, 2014

5 Kesalahan Mendasar pada permainan Ganda Bulutangkis

Short Serve
Pada permainan bulutangkis , bermain ganda memang terasa sulit jika di banding dengan permainan tunggal . Salah satu yang menjadi pembeda adalah koordinasi dan kekompakan antar pasangan atau partner kita . Seorang pemula, acap kali kendala ini menjadi hal yang sangat berpengaruh . Selain itu pada permainan ganda , pemain di tuntut untuk memiliki kecepatan dalam pukulan pukulan taktis seperti pukulan drive yang mendatar atau return serve yang memotong sisi kiri atau kanan . 


 

Master Bulutangkis kali ini akan menjelaskan 5 kesalahan mendasar dalam permainan ganda Bulutangkis yang sering kali terjadi . Silahkan Anda simak dan pelajari : 

1. SERVE YANG TIDAK SEMPURNA . 

Salah satu pukulan yang paling penting dalam permainan ganda Bulu tangkis adalah Serve atau Service awal . Saking pentingnya pukulan ini , pada pelatihan profesional pun melatih pukulan serve mendapatkan porsi dan waktu tersendiri . Bahkan saking sulitnya pukulan ini untuk mencapai tarap sempurna ,... sering kali kita melihat pemain sehebat kaliber dunia pun mereka acap kali melakukan kesalahan pada pukulan serve . Serve yang baik atau di 'anggap' sempurna pada permainan ganda bulutangkis secara umum adalah :

a. Dengan menggunakan teknik pegangan raket / grip backhand . Lakukan dengan short serve (service pendek) yang harus menghasilkan bola yang meluncur setipis mungkin dengan bibir atas jaring net . Arahkan bola pada sudut terdepan lapangan bagian kanan di daerah lawan atau sudut terdepan lapangan bagian kiri di daerah lawan . 

b.  Dengan menggunakan teknik pegangan raket / grip backhand . Lakukan dengan Long serve (service jauh) yang harus menghasilkan bola yang meluncur deras dengan sudut yang lebih pendek (seperti pukulan flick attack) ke bagian sudut belakang lapangan sebelah kanan di daerah lawan atau ke bagian sudut belakang lapangan sebelah kiri di daerah lawan .

KESALAHAN yang sering terjadi adalah : Shutlecock yang di pukul terlalu tinggi (melambung) di atas jaring net sehingga dengan demikian membuka ruang bagi lawan untuk memukul bola (return serve) . Dan ini kesalahan fatal yang sering kali terjadi . 

SOLUSI : Konsentrai , Tidak tergesa-gesa dan pegang raket dengan keadaan lebih rileks (tidak tegang) . 

Berikut Video Tutorial cara mudah belajar Short Serve dengan teknik pegangan grip Backhand , selamat berlatih :

Kesalahan berikutnya , ikuti tulisan saya selanjutnya ....

Salam Master Bulutangkis 












2 comments:

Silahkan sobat berkomentar dan share tentang ilmu bulutangkis . Terima kasih atas kunjungannya

 
Copyright © . Master Bulutangkis - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger