Friday, January 31, 2014

5 Kesalahan Mendasar pada permainan Ganda Bulutangkis bag. 2

return serve
Diantara kesalahan selanjutnya dari kesalahan kesalahan yang sering terjadi pada permainan ganda bulutangkis adalah : 

2. PENGEMBALIAN SERVE (RETURN SERVE) YANG TIDAK SEMPURNA . 





Return serve adalah pukulan tersendiri yang memiliki peranan penting dalam memulai serangan terkhusus pada permainan ganda bulutangkis . Pengembalian return serve yang tidak sempurna menyebabkan lawan mendapatkan kesempatan balik untuk bisa menekan anda . 
Diantara kesalahan tersebut seperti : 

a. Return serve dengan pukulan clear lob atau flick yang jauh ke belakang . 

Ada dua kemungkinan jika ini yg Anda lakukan yaitu : 

Pertama , lawan akan mengembalikan dengan Smash keras artinya Anda secara tidak langsung mengizinkan lawan untuk menekan Anda . Dan 
Kedua bisa jadi return serve yang Anda lakukan dengan pukulan lob dan flick tadi , menyebabkan bola keluar lapangan (out baseline) . Jelas kedua duanya sangat merugikan,  Karena kunci kemenangan pada permainan ganda bulu tangkis adalah , siapa yg menyerang terlebih dahulu maka dia memiliki kesempatan yg lebih besar untuk menang .

Solusi : rata rata pemain profesional dia akan melakukan return serve dengan pukulan datar lurus yg setara dengan drive smash yang di arahkan pada daerah kosong . Jika lawan yang melakukan serve berada di sebelah kiri depan kita , maka lakukan drive smash ke arah kanan . Dan sebaliknya jika lawan yang melakukan serve berada di sebelah kanan depan kita , maka lakukan drive smash ke arah kiri . Atau bisa juga di arahkan ke badan lawan yang memungkinkan lawan mendapatkan kesulitan ketika menerimanya . 

Sebagian pemain profesional pun tak jarang melakukan return serve dengan pukulan netting yg tipis bergulir di atas bibir net . Fungsinya adalah tidak lain agar lawan "mengangkat" bola dan teman Anda yg telah siap di belakang melakukan smash atau sekaligus Kita "menghindari" mengangkat bola . Atau sebagian pemain yang sudah mahir melakukan return serve dengan pukulan "tipuan" yaitu dengan mengecoh lawan dan mengarahkan bola pada tempat yang tidak di sangka oleh lawan

Kunci melakukan return serve dengan tipuan adalah lakukan pergerakan antara badan dan tangan (yg memegang raket) saling bertentangan dan ini memang tidak mudah di butuhkan latihan yang serius .

Untuk membuat sempurna pukulan ini , Anda harus memperhatikan pegangan / grip raket anda . Pegang raket dengan teknik grip backhand untuk return serve kill netting atau short dropshot (pukulan tipuan) . Atau dengan grip forehand untuk return serve dengan drive smash. 
Caranya : pegang raket dengan pegangan rileks saat belum bergerak , dan lakukan lecutan pergelangan tangan  saat mengeksekusi . Jadi yang membawa peranan penting pada return serve apapun bentuknya adalah kelenturan dan kekuatan daya "lecutan" pergelangan tangan Anda . 




WARNING : Jangan lakukan return serve dengan drive smash dengan ayunan lengan tangan yg memungkinkan tangan Anda menjadi terayun ke bawah karena kondisi ini kurang menguntungkan jika lawan bisa mengembalikan return serve Anda dengan cepat .

Selamat berlatih .

(Bersambung ....) 

0 comments:

Post a Comment

Silahkan sobat berkomentar dan share tentang ilmu bulutangkis . Terima kasih atas kunjungannya

 
Copyright © . Master Bulutangkis - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger