Tuesday, December 23, 2014

5 Kesalahan Mendasar pada Permainan Ganda Bulutangkis Bag. 4

5 Kesalahan Mendasar pada Permainan Ganda Bulutangkis Bag. 4
Sekian lama kami tidak melanjutkan kembali pembahasan lanjutan tentang Kesalahan Mendasar pada Permainan Ganda Bulutangkis  . Maka saatnya kini kami lanjutkan pada kesalahan no.4 yang kerap terjadi pada permainan ganda Bulutangkis . Baik itu dilakukan oleh seorang pemula bahkan hingga seorang pemain profesional pun pernah melakukan kesalahan fatal ini . 

 
Maka kami selalu ingatkan , berusahalah bermain bulutangkis dengan melakukan teknik dan strategi yang benar sehingga Anda bersama rekan pasangan anda bisa menikmati seni permainan ini dan tentunya nanti akan berujung pada kemenangan . 

Karena permainan ganda bulutangkis itu berbeda dengan permainan tunggal . Pada ganda , Anda itu tidak sendirian dalam menjaga daerah lapangan tapi disana ada rekan pasangan anda yang turut pula bertanggung jawab ikut menjaga lapangan . Maka disinilah letak perbedaannya ! . Kekompakan dan memahami kerja sama yang baik antar rekan adalah kunci secara umum dalam memahami bermain ganda bulutangkis dengan benar ! .

Baik , tanpa berpanjang lebar . Berikut kesalahan berikutnya yang kerap terjadi pada permainan ganda bulutangkis adalah : 

4. Tidak melakukan gerakan Rotasi (berputar) antar rekan pasangan .

Tentu anda bertanya . Apa maksudnya rotasi itu ? . 

Ya , Seperti kita ketahui pada umumnya . Rotasi adalah perputaran . Maka dalam permainan bulutangkis Rotasi tersebut maksudnya adalah ketika permainan tengah berlangsung dan disana Anda bersama rekan pasangan anda kadang berada pada posisi menyerang (ofensif) atau kadang kala berada pada posisi tertekan (Defensif) maka disana di tuntut ROTASI pergerakan posisi . Rumus secara umum pergerakan rotasi dalam permanan ganda adalah memutar searah jarum jam

Contoh gambarannya rotasi pergerakan posisi adalah seperti berikut : 

5 Kesalahan Mendasar pada Permainan Ganda Bulutangkis Bag. 4
Dari Menyerang menjadi Bertahan
Ketika menyerang , Anda bersama pasangan berada pada posisi depan dan belakang . Anda di belakang sebagai pengeksekusi pukulan dengan smash over head atau drop shot sedang rekan anda yang berada di depan berperan sebagai libero atau pengendali serangan atau blocking attack . Manakala salah satunya entah Anda atau rekan anda tiba-tiba membuat pukulan Flick atau Lob , maka disaat itu artinya posisi anda langsung berubah ! yaitu saling berdampingan (defensif) dalam artian rekan anda yang didepan mundur dan anda mengambil posisi yang kosong . Dan manakala entah anda atau rekan anda tiba-tiba mengembalikan bola serangan musuh dengan netting , itu artinya Anda atau rekan anda yang melakukan bola netting tersebut maju melangkah kedepan dalam artian posisi MENYERANG kembali di bentuk yaitu depan dan belakang . 

Nah , pergantian posisi secara cepat yang dilakukan Anda bersama rekan pasangan anda dari Ofensif ke Defensif atau dari Defensif ke Ofensif atau depan ke belakang atau belakang ke depan inilah gambaran dari sebuah Rotasi permainan ganda bulutangkis . Saling mengisi dan mengejar bola dalam gerakan perputaran yang teratur . 

Sampai disini anda bisa faham maksud saya ?! . Baik .

Nah , kesalahan yang sering terjadi adalah terputusnya gerakan Rotasi . Anda atau rekan anda  salah dalam mengantisipasi dan membaca serangan dan arah bola dari lawan . Sekejap saja Anda salah memahaminya maka selanjutnya bola serangan dari musuh akan terus menekan dan menekan sampai mendapatkan point kemenangan untuk mereka . 

Karena sejatinya , jika anda atau rekan anda salah faham terhadap bola dari musuh atau tidak pintar membaca bola dari musuh maka rotasi gerakan akan TERPUTUS . Maka yang terjadi , entah anda atau rekan anda salah satunya seolah-olah tengah bermain tunggal BUKAN sedang bermain ganda dan musuh dengan sangat mudah meraih kemenangan . 

Inilah kesalahan fatal yang sering terjadi pada permainan ganda di bulutangkis . Tidak pandang bulu , pada pemain kaliber dunia pun sering melakukan kesalahan seperti ini . dan pemicunya adalah Kurangnya daya konsentrasi dalam memahami serangan dan membaca bola dari musuh .

Demikian kesalahan mendasar pada permainan ganda bulutangkis bagian ke 4 . Selanjutnya nantikan tulisan saya tentang kesalahan no 5 pada permainan ganda bulutangkis . 

Mudah-mudahan anda bisa menghindari kesalahan kesalahan tersebut . Dan bermain lah dengan seni Bulutangkis yang baik yang memilii ritme seimbang .

 
Selamat berlatih dan sukses


1 comments:

Silahkan sobat berkomentar dan share tentang ilmu bulutangkis . Terima kasih atas kunjungannya

 
Copyright © . Master Bulutangkis - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger